PROFILE

Muslimat Bulan Bintang adalah organisasi yang menjadi salah satu Badan Otonom Partai Bulan Bintang. Didirikan pada  Sabtu 11 Zul Qa’dah 1419 Hijriyah bertepatan dengan 27 Februari 1999 Miladiyah di Hotel  Pencak Silat, Jakarta. Muslimat Bulan Bintang kini dipimpin oleh Hj. Hamidah Yacoub BA.

Ada beberapa nama sebagai pendiri Muslimat Bulan Bintang yang hadir pada 27 Februari 1999 di Hotel Pencak Silat Jakarta. Mereka adalah Hj. Dra. Andi Nurul Djannah, Lc, Hj. Dra. Sufrenita, Hj. Asma Faridha Natsir, Hj. Dra. Noorjannah Shomad M.Si, Hj. Aisyah Prawiranegara, Hj. Dr.  Tati Hartimah, Dr. Tuti Maryani, Anita Aryani, M.Si, Dra. Khairi Inayah, dan Hj. dr. Nurul Kusuma Wardani.

Lalu ada Hj. Maryati Yusuf Lubis, Hj. Nur Yuniati Haryono, SE., MM., Ir. Doriangat Pakpahan, Eti Yuliati S.Pd.I., Hj. Shalihat Nur Amin, dan utusan-utusan dari provinsi seperti utusan dari DKI Jakarta ada Soegesti, Jawa Barat Hj. Riyasih Yusuf Amir Faisal, Hj. Ika Martika, Hj. Dra. N. Hendarsyah, MAg, dan Hj. Iim Halimah.

Ada juga dari Yogyakarta Hj. Mustaqilah, Jawa Tengah Hj. Maryam, Hj. Dra. Mustabsyirah, Jawa Timur Hj. Muawanah, Hj. Irene Handono, dan Hj. Masnunah. Dari Aceh Hj. Dra. Mustabsyirah MM, Sumatera Utara Hj. Nur Balqis S.Psy, Sumatera Barat Hj. Aisyah Natsir, Sumatera Selatan Hj. Yulanah, M.Si, Bali Hj. Faridha, SH.MH, Sulawesi Selatan Dr. Musdah, Sulawesi Tengah Hj. Syarifah Al-Jufri, Sulawesi Utara Hj. Noni Wakit, dan Maluku Utara Hj. Siti Hawa.

Dari hasil pertemuan tersebut, menyepakati organisasi perempuan Partai Bulan Bintang disebut Muslimat Bulan Bintang. Pada tanggal 27 Februari itulah sebagai hari lahir Muslimat Bulan Bintang. Pendirian organisasi ini dinilai relevan dengan kebutuhan Partai Bulan Bintang sebagai partai politik yang membutuhkan calon legislatif perempuan dan suara perempuan sekaligus memenuhi UU Pemilu dan partai politik yang mewajibkan calon legislatif dan kepengurusan partai politik di semua tingkatan diwajibkan minimal 30 persen diisi oleh perempuan.

Tujuan berdirinya Muslimat Bulan Bintang yaitu terbinanya kualitas Muslimat sebagai kader partai yang berkarakter Islami, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, untuk tercapainya perjuangan Partai Bulan Bintang dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.

Untuk mencapai tujuannya, Muslimat Bulan Bintang melaksanakan usaha dan aktivitasnya di bidang sosial, politik dan kemasyarakatan pada umumnya, antara lain dalam bentuk-bentuk sebagai berikut :

  1. Menghimpun, menyalurkan, menyuarakan dan menyampaikan aspirasi kaum perempuan baik melalui Partai Bulan Bintang maupun langsung kepada lembaga-lembaga lainnya. Hal itu agar dijadikan pertimbangan di dalam pengambilan kebijakan dan atau keputusan bagi kemasalahan rakyat Indonesia pada umumnya dan kaum muslimat pada khususnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Menyelenggarakan pendidikan serta pelatihan di bidang politik dan keorganisasian, diskusi, seminar, lokakarya, pelatihan kader dan aktivitas lainnya yang sejenis, guna meningkatkan kualitas anggota dan masyarakat.
  3. Mengadakan dialog, membina hubungan dengan organisasi perempuan lainnya, serta aktif mengikuti kegiatan-kegiatan perempuan pada tingkat daerah, nasional, regional, maupun international.
  4. Usaha-usaha di bidang ekonomi.
  5. Aktivitas lain yang halal dan baik, bagi kemaslahatan anggota, organisasi, ummat dan rakyat Indonesia pada umumnya yang tidak bertentangan dengan syariat dan hukum yang berlaku.

Pada Pemilu 1999, kader-kader Muslimat Bulan Bintang se-Indonesia turut berpatisipasi menjadi calon-calon legislative baik untuk DPR RI maupun untuk DPRD Propinsi/Kabupaten/Kota.  Alhamdulillah untuk daerah pemilihan Sumatera Utara kader Muslimat Bulan Bintang Provinsi Sumatera Utara Hj. Nur Balqis S.Psy dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi wakil rakyat di DPR RI Periode 1999 – 2004.

Para Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PP Muslimat Bulan Bintang dari masa ke masa yaitu :

1999 – 2000

Ketua Umum:    Hj. Maryati Yusuf Lubis

Sekjen:                 Hj. Nur Yuniati Haryono, SE., MM

2000 – 2005

Ketua Umum:    Hj. Dra. Andi Nurul Djannah, Lc

Sekjen:                                 Hj. Dra. Noorjannah Shomad, M.Si

2005 – 2010

Ketua Umum:    Hj. Dra. Andi Nurul Djannah, Lc

Sekjen:                                 Ir. Doriangat Pakpahan

2010 – 2014   

Ketua Umum:    Dr. Dra. Ellya Yunus, M.Si

Sekjen:                 Hartini Dg  Saido, S.Pd.I

2014 – 2015

Ketua Umum:    Hj. Ramdhyana  NQ. AM,.SH

Sekjen:                 Ratna Juita Yakoeb, S.Ag

2015 – 2019

Ketua Umum:    Hj. Ramdhyana  NQ. AM,.SH

Sekjen:                 Dr. Alfiyatussolichah, S.Si,. M.Si

2019 – 2020

Mandat untuk Ketua dan Sekretaris  Ibu Hj. Hamidah Yacoub, BA  dan Ibu

Arni  Dasrianti, A.Md

2020 – 2025

Ketua Umum:    Hj. Hamidah Yacoub, BA

Sekjen:                 Yessi Yuga Puspita, SE

Kontak Kami
(021) 79180734
info@partaibulanbintang.or.id
Jalan Raya Pasar Minggu Km. 18 No.1B, RT.4/RW.4, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740