TKN Sebut Pemimpin Itu Tak Banyak Beretorika
Share:

JAKARTA – Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Afriansyah Noor merespons sejumlah desakan agar cawapres Gibran Rakabuming Raka lebih banyak menghadiri diskusi publik usai debat cawapres.

Afriansyah mengatakan, pihaknya meyakini pemimpin itu tidak usah banyak bicara dan beretorika. Kalau pemimpin banyak bicara dan retorika, perkataan itu kerap berujung dengan kebohongan. “Karena tidak bisa menepati janji,” ucapnya.

Gibran, menurutnya, cukup menjadi seperti apa adanya. Dia mengatakan, pihaknya meyakini Gibran mampu tampil terbaik dengan kemampuannya sendiri. “Tidak usah kita poles-poles,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Kendati begitu, Afriansyah menegaskan di antara ketiga calon dalam debat cawapres, Gibran termasuk yang unggul. Meski paling muda, dia mengatakan Gibran mampu menjawab pertanyaan dan menyampaikan visi misi dengan baik.

Sebelumnya, INDEF mengeluarkan hasil analisa soal debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Centre pada Jumat malam, 22 Desember 2023. Mereka menganalisa pembicaraan di dunia maya terhadap performa ketiga calon wakil presiden.

Menurut analisis INDEF, warganet secara umum melihat Mahfud Md lebih cakap, sementara Gibran Rakabuming Raka lebih menguasai materi. Muhaimin Iskandar di sisi lain dinilai melakukan banyak kesalahan atau blunder.

“Jika penilaian netizen diringkas dengan satu kata maka, Mahfud Md Berpengalaman, Gibran Outstanding, Cak Imin Banyak Blunder,” tulis Indef dalam pernyataan tertulis.

Leave a comment